Sabtu, 08 Januari 2011

Sakit di Indonesia, Sehat di Arab




Yang ini tentang pasangan suami istri (pasutri) yang gw kagumi sepanjang masa.
Yang laki, bernama Om Ruslan, adik kandung ibu gw.
Yang perempuan bernama Mbak Tety.

Tahun 2010 adalah tahun berat buat mereka berdua.
Om Ruslan bolak-balik opname & bersilaturahmi dgn para dokter, lantaran penyakit jantung-paru-paru-liver dst yang menimpa dia. Maklum, om gw adalah (mantan) perokok berat. *Kill your cigarette, NOW!!!!*

Sementara itu, istrinya juga menderita penyakit yang ga kalah serem: Tumor Payudara!
Mbak Tety baru aja menjalani operasi pengangkatan payudara di sebuah rumah sakit yang cukup nguras dompet, rekening, deposito, dan menimbulkan riak2 utang baru di kehidupan mereka berdua.

Tapiiii...
Biarpun punya penyakit 'serem-nyaris-hopeless' seperti itu, mereka teteup keukeuh berangkat haji tahun ini.

Daaaannn, aku ketemu om-tanteku tersayang itu di Masjidil Haram, persis ketika mereka selesai thowaf sunnah.
Byuuuh... mbak Tety tampak sumringah abiiisss... enggak nampak guratan "Hey, gw baru operasi tumor loh, wajar dong kalo gw males2an pas ngerjain ibadah?" di tampang kiyutnya.

Omku juga gak kalah asoy. Thowaf 7 putaran dia lalui dengan easy going, enjoy, gak pakai kursi roda, cuy!

Hohoho... dan, ini yang paling 'ajaib'... omku tuh responsif banget sama kondisi sekitar. Jadi, pas kita lagi asyik haha-hihi di dalam area masjid, ada orang India yang mendadak muntah. Yaiikksss... jijik bangett kan?

Kebanyakan orang pasti menghindar dong yaa...
Tapi, omku malah think and action di luar kebiasaan umum...
Yang beliau lakukan adalah:
(1). Manggil petugas kebersihan masjid
(2). Menghadang org2 yang mau lewat di area yang terkena muntahan ntuh org India
(3). Ngasih tip ke petugas kebersihan, karena udah mau ngepel muntahan orang yang jelas-jelas gak ada hubungannya dgn omku!

Om....
Mbak Tety....
Yakin deh, ibadah Haji kalian insyaAllah mabrur semabrur-mabrurnya...

Sampai kapanpun, lo berdua ada di hati gw...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar